Dirjen Perumahan PUPR: Ini Saatnya Miliki Rumah di Pameran IPEX 2022

SIARDAILY, Jakarta— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap PT. Bank Tabungan Negara bisa menggelar pameran perumahan tidak hanya di Ibukota Jakarta namun juga di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut menyusul semakin membaiknya kondisi kesehatan masyarakat pasca pandemi Covid-19 sehingga pemerintah terus mendorong agar mereka bisa memiliki hunian yang layak huni dengan harga yang terjangkau.

“Pameran perumahan seperti Indonesia Properti Expo (IPEX) sebisa mungkin juga dilaksanakan diberbagai kota di Indonesia. Saat ini merupakan saat yang tepat bagi masyarakat untuk memiliki rumah yang sehat, layak dan terjangkau,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: Pembangunan Infrastruktur Pendukung KTT G20 Bali Dipercepat

Iwan menerangkan, berbagai upaya dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian PUPR untuk menyediakan hunian yang layak dan terjangkau. Hal tersebut juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah, pengembang, perbankan, serta masyarakat luas.

Sebagai informasi, pemerintah terus berupaya keras dalam upaya menyediakan perumahan yang layak bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Berdasarkan data Susenas tahun 2021, backlog perumahan mencapai 12,7 juta rumah tangga. Dalam rangka penyelesaian backlog tersebut, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pemerintah menargetkan peningkatan rumah tangga yang menempati rumah layak dari semula 56,7 persen menjadi sebesar 70 persen atau ekuivalen dengan 11 juta rumah tangga.

Adanya kegiatan pameran perumahan seperti IPEX 2022, imbuh Iwan, tentunya mendorong kembali menggeliatnya sektor properti di Indonesia. Selain itu, banyaknya pilihan rumah yang dibangun pengembang serta ditambah berbagai insentif dan promosi oleh BTN akan membantu masyarakat dalam mencari rumah impiannya.

Baca Juga: Dukung Pemerintah Atasi Backlog, BTN Gelar Indonesia Property Expo

“Untuk membeli atau memiliki rumah memang perlu banyak pertimbangan dan BTN memberikan banyak insentif dan promosi yang cukup menarik. Namun jika sekarang masyarakat datang ke pameran IPEX ini diharapkan pada akhir pekan mendatang sudah bisa mengambil keputusan apakah jadi membeli atau tidak,” tandasnya. (zh1)

Share via
Copy link