SIARDAILY, Jakarta – Indonesia Franchise Forum (IFF) dan Bizfest 2021, berhasil mencatat total transaksi sebesar Rp35,9 miliar. Total transaksi terdiri atas transaksi festival belanja sebesar Rp6,5 miliar, transaksi potensial festival peluang bisnis sebesar Rp25,7 miliar, dan transaksi riil sebesar Rp3,6 miliar.
IFF-Bizfest 2021 berlangsung pada 7-13 Desember, bertempat di Marchand Hype Station Emerald Bintaro, Bintaro, Tangerang Selatan. Acara ini terselenggara atas kerja sama Asosiasi Franchise Indonesia, Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Asosiasi Lisensi Indonesia, serta didukung Kementerian Perdagangan.
Rangkaian BizFest 2021 akan diselenggarakan secara paralel dengan IFF 2021 secara hibrida, dan akan dihadiri hingga sekitar seribu pelaku usaha waralaba.
“Ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam penyelenggaraan kegiatan ke depannya, untuk mendukung peningkatan daya saing dan akses pasar bagi waralaba lokal, baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan, dalam keterangan resminya Selasa 14 Desember 2021.
Oke berharap, kesuksesan kegiatan ini dapat menjadi pendorong peningkatan nilai investasi, peluang bisnis, dan nilai transaksi dalam negeri di sektor bisnis lisensi dan waralaba.
Dengan demikian, kesuksesan kegiatan juga dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional. IFF-BizFest 2021 juga diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang kerja dengan semakin banyaknya pelaku usaha di bidang lisensi dan waralaba yang tercetak.
Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, waralaba lokal kini menguasai pasar dalam negeri dan bersiap untuk merambah ke pasar regional. Menurutnya, Indonesia juga tidak lagi menjadi pasar bagi waralaba asing.
Sebagai informasi, sejumlah waralaba lokal sudah merambah ke pasar ASEAN, di antaranya adalah Alfamart, J.CO Coffee & Donut, serta Kebab Turki Baba Rafi.
Dengan kolaborasi antara pengusaha, pemerintah, dan asosiasi, Lutfi optimistis semakin berdaya saing dan menembus pasar global.
Pemerintah juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan sebanyak 2.300 peluang bisnis waralaba di dalam negeri. Ia mengatakan, usaha waralaba merupakan usaha yang menguntungkan dalam jangka waktu lima tahun.
Pada 2020, bisnis waralaba tetap dapat berkontribusi dalam penyerapan 628 ribu tenaga kerja dan mencatat omzet tidak kurang dari Rp 54,4 miliar.
Berdasarkan data Kemendag yang dipaparkan Oke, pada 2021, waralaba asing yang masuk pasar dalam negeri adalah sebanyak 124, meningkat dibanding tahun sebelumnya (2020) sebanyak 120.
Sementara itu, jumlah waralaba Indonesia yang tercatat pada tahun ini hanya 107, meningkat dari 2020, sebanyak 105.
Terdapat, setidaknya 93 ribu gerai yang beroperasi dengan format waralaba. Kemudian sampai Oktober 2021, bisnis waralaba didominasi oleh sektor usaha berbentuk jasa makanan dan minuman hingga 58,37 persen. Disusul oleh sektor usaha waralaba ritel sebesar 15,31 persen dan jasa pendidikan nonformal sebesar 13,40 persen.
Sebagai bagian dari penyelenggaraan IFF–BizFest 2021, turut dilaksanakan BizFest Awar kepada para pelaku usaha yang selalu aktif dan berinovasi dalam menjalankan usahanya.
Adapun para pemenang BizFest Award 2021, yaitu dari kategori Local Promotion Campaign yakni Bakmi Naga Resto, NCS, dan Roti Ropi.
Kategori Social Media Campaign diberikan kepada Black Kebab, Digikidz, dan Chicken Day. Kategori Sales diberikan kepada Chicken Day, Ayam Gepuk Pak Gembus, dan Taman Sari Royal Heritage Spa.
Kategori Business Campaign dimenangi oleh Bakmi Naga Resto, Black Kebab, dan Kane Fried Chicken, serta kategori Promising Business diberikan kepada Ayam Gepuk Pak Gembus, Erafone, dan The Daily Wash Laundromat.
Ada lebih dari 50 brand waralaba, lisensi, dan peluang usaha yang hadir di Pameran Peluang Bisnis BizFest 2021: Dopamine Coffee And Tea, Waroeng Sehat, Mie Aceh Seulawah, Bakmi Naga Resto, Oto Bento, Eggio Waffle, Crispyku Fried Chicken, Eastons, Black Kebab, Ropi, Taman Sari Royal Heritage Spa, Go Flow, The Daily Wash Laundromat, Ohayo Drawing School, Kebab Turki Baba Rafi, Nyayap, Anak Air Swim School, CFC Fried Chicken, Mushroom Lover, Indofresh Water.
Selain itu, ada pula Tahu Jeletot Taisi, Ayam Gepuk Pak Gembus, Hore Steak, Dapoer Roti Bakar & Alpuka, Corner Kebab, Bakso Malang Cak Eko, RFC, Digi KidzI, Chicken Day, Klenger Burger, Skipedia, Erafone, Bizhare, Ngikan, Nyapi, Menantea, Munim indonesia, Lapis Jakarta Lenongku, KuruChick, Bimba Gembira, SPBU Sambel Pecak Bang Ucok, Kane Fried Chicken, NCS, Madani White, JengTari, Jejamu by Mustika Ratu, Kopi Bang Haji, Utopia Land, Eunggeopsil Topokki, dan Rice Meat Bowl. (as9)