Meneropong Prospek Cerah Merger BTN Syariah-Bank Muamalat

Ilustrasi karyawan BTN Syariah saat melayani seorang nasabah. (FOTO: ANTARA/HO-BTN Syariah)

SIARDAILY, Jakarta – Publik Tengah menanti realisasi penggabungan unit usaha syariah PT Bank Tabungan Negara (UUS BTN atau BTN Syariah) dengan PT Bank Muamalat Indonesia, yang saat ini masih dalam proses pengerjaan. sesuai rencana.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku keputusan akhir merger kedua bank syariah tersebut, akan diambil pada Maret 2024.

Analis Mandiri Sekuritas, Kresna Hutabarat dan Bobby Chandra mengatakan, penggabungan seperti ini menawarkan peluang sinergi yang besar (dan juga risiko). “Sekaligus memberikan ancaman persaingan terbatas terhadap BRIS (PT Bank Syariah Indonesia Tbk), dalam pandangan kami,” ungkap Kresna dan Bobby dalam riset terbarunya.

Saat ini, penggabungan BTN Syariah-Muamalat sedang dalam pengerjaan. Menteri BUMN saja memberikan keterangan di media mengenai rencana merger antara UUS BTN (anak usaha syariah PT Bank Tabungan Negara Tbk atau BBTN) dengan Bank PT Muamalat Indonesia (BMI) pada Maret 2024.

Baca Juga: Aset Tembus Rp54 Triliun, BTN Syariah Siap Spin Off

Kementerian BUMN sudah melakukan pembahasan dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), pemegang saham pengendali BMI, dan Kementerian Agama mengenai peluang sinergi kedua bank tersebut, sehingga menghasilkan alternatif bank syariah yang cukup besar di industri ini. Keputusan akhir mengenai merger diharapkan dapat diambil pada Maret 2024.

Bagi BTN, rencana merger merupakan salah satu opsi untuk memenuhi rencana spin-off bisnis syariah dan sekaligus menjaga eksistensinya di industri perbankan syariah nasional. Sedangkan bagi BMI, rencana merger dapat menjadi jalan untuk merekapitalisasi dan meningkatkan skala bisnis, demi keberlanjutan yang lebih baik.

Patut diperhatikan bahwa rencana merger ini mempunyai peluang dan tantangan yang besar dan berpotensi membentuk bank syariah terbesar kedua dalam sistem setelah BSI. Potensi sinergi pada tahap awal dapat berupa sinergi pendanaan, sinergi pinjaman, dan terakhir sinergi biaya operasional (operational expenditure/OPEX).

Sinergi pendanaan tidak lagi berkaitan dengan biaya dana, namun lebih pada penanganan jangka waktu pendanaan di BTN Syariah, yang membutuhkan jangka waktu lebih panjang mengingat komposisi kredit kepemilikan rumah (KPR) yang banyak.

“Dengan merek yang lebih kuat dan dukungan pemangku kepentingan yang lebih terdiversifikasi, entitas hasil merger juga dapat memperoleh manfaat dari kedekatan strategisnya dengan ekosistem haji nasional,” tegas kedua analis.

Selanjutnya, sinergi pinjaman harus fokus pada diversifikasi selain KPR syariah ke produk pembiayaan konsumen lainnya, dan mungkin juga produk pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lainnya untuk ekosistem syariah nasional.

Terakhir, sinergi OPEX dapat diwujudkan dalam bentuk produktivitas aset yang lebih tinggi melalui pemanfaatan jaringan perbankan yang lebih optimal. Sinergi ini belum bersifat menyeluruh, namun hanya dapat dijabarkan lebih lanjut sesuai dengan kesinambungan dan kondisi kesepakatan.

Pertanyaan yang tertunda juga masih ada mengenai kapitalisasi akhir, struktur kepemilikan saham, dan pihak pengendali dari entitas yang digabungkan. “Ini adalah pilihan yang sehat dan menarik bagi industri, namun kesuksesan membutuhkan waktu dan usaha,” ujar Kresna dan Bobby.

Kendati demikian, menurut pandangan kedua analis, merger antara BTN Syariah dan BMI tidak akan menimbulkan ancaman kompetitif yang signifikan terhadap BSI sebagai bank syariah terbesar di sistem ini. Sebaliknya, merger tersebut dapat mempercepat pertumbuhan penetrasi perbankan syariah dalam sistem melalui pasar antarbank syariah yang lebih terdiversifikasi dan bank syariah yang lebih terukur dalam entitas hasil merger.

Meskipun demikian, kedua analis menyoroti risiko integrasi antara kedua entitas dalam skenario merger. Selain menyatukan budaya organisasi dan standar serta prosedur bisnis, kedua entitas juga perlu mengatasi tatanan, kualitas aset, perbankan transaksi dan kemampuan perbankan digital untuk membangun kapasitas yang memadai untuk bersaing.

Aset lama mungkin membatasi profitabilitas jangka pendek hingga menengah dari entitas hasil merger. “Namun, penciptaan nilai dapat dicapai melalui kapasitas yang lebih kuat untuk menghasilkan pertumbuhan pendapatan, perluasan basis nasabah perbankan syariah, dan fungsi intermediasi keuangan yang lebih kuat sesuai syariah dalam sistem,” jelas Kresna dan Bobby.

Genjot Kinerja

Dalam riset terpisah, analis BRI Danareksa Sekuritas, Victor Stefano menjelaskan, pihaknya mengharapkan penjualan dan pemulihan aset non-inti pada kuartal IV-2023. BBTN berencana merampungkannya penjualan aset dalam jumlah besar pada Desember 2023, senilai sekitar Rp860 miliar, yang diharapkan dapat menghasilkan kredit bermasalah (NPL) turun 25-27 basis points (bps), dan kemungkinan satu lagi sekitar Rp1 triliun di 2024.

Selain itu, BTN juga mengharapkan pemulihan sekitar Rp250 miliar dari piutang Jiwasraya pada 23 Desember yang seharusnya memberikan tambahan pendapatan operasional lainnya untuk mendongkrak laba bersih kuartal IV-2023. Panduan perusahaan untuk laba bersih periode tersebut sebesar Rp975 miliar, tumbuh 16 persen (qoq).

Pinjaman perumahan dan non-perumahan akan melanjutkan pertumbuhan yang kuat. Manajemen mempertahankan panduan pertumbuhan pinjaman sebesar 10-11 persen pada sepanjang 2023, seiring dengan pertumbuhannya pinjaman menjadi Rp318 triliun (tumbuh 9,9 persen yoy) di sembilan bulan 2023, didorong oleh pinjaman non-perumahan yang tumbuh 23 persen (yoy), sedikit diimbangi oleh penurunan pinjaman konstruksi sebesar 11 persen (yoy).

“BTN bertujuan untuk terus mengembangkan kredit non-perumahan dengan meningkatkan pinjaman nasabah dari inisiatif digitalnya, pinjaman komersial dengan pusat UMKM, dan pinjaman korporasi yang menyasar konglomerat pengembang,” ungkap Victor.

Manajemen BTN sendiri, mengharapkan pertumbuhan KPR non-subsidi akan didorong oleh insentif PPN pada 2024.

BRI Danareksa Sekuritas masih meninjau peringkat dan target harga BBTN. Saham BBTN saat ini diperdagangkan pada PBV 0,6 kali hingga 2024, menurut perkiraan konsensus, diskon besar terhadap empat bank besar yang berdagang pada 1,2-4,1 kali, Namun, juga dengan ROE yang lebih rendah, yaitu sebesar 11,9 persen dibanding big-4 sebesar 14,7-21,52 persen.

“Kami saat ini meninjau perkiraan kami, target harga, dan rekomendasi tentang BBTN. Perusahaan akan mendapatkan manfaat dari insentif PPN (Pajak Pertambahan Nilai) di tengah niatnya untuk meningkatkan pinjaman hipotek nonsubsidi dan potensi penurunan suku bunga, karena porsi pembiayaan yang tinggi,” tegas Victor.

Sementara itu, Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, rencana merger masih berproses dan akan diumumkan lebih lanjut melalui keterbukaan informasi. “Yang pasti, merger bakal berdampak positifm karena potensi bisnis KPR syariah cukup besar sekitar 20-30 persen,” ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Nixon berharap, ketika BTN Syariah resmi dipisah (spin off) dan diintegrasikan dengan Bank Muamalat, UUS BTN tersebut diharapkan tetap fokus pada kredit pemilikan rumah (KPR) sekitar 60-70 persen. Kemudian, kredit SMI dan UMKM sekitar 30-40 persen, sehingga lebih berfokus pada segmen ritel dan konsumen perbankan.

Fokus tersebut, sekaligus menjawab area yang bakal menjadi sasaran dari calon bank syariah terbesar kedua setelah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI ini. “Jadi, kami tidak akan bermain di korporasi dan segmen-segmen atas,” ujarnya.

Pertimbangan itu diambil, karena KPR syariah memiliki pagu yang tinggi, sehingga memerlukan suatu kendaraan yang benar-benar fokus terhadap konsumen syariah. Selama ini, BTN bermain di area yang campur-campur.

“Jadi, kalau ada vehicle sendiri, kami (BTN) pasti tidak akan lagi bermain di KPR syariah,” tutur Nixon. (asp)

Baca Juga:

35 thoughts on “Meneropong Prospek Cerah Merger BTN Syariah-Bank Muamalat

  1. Hi, Neat post. There’s an issue together with your website in internet explorer, might check this… IE still is the market chief and a big component of other people will miss your wonderful writing due to this problem.

  2. Can I just say what a relief to find someone who actually knows what theyre talking about on the internet. You definitely know how to bring an issue to light and make it important. More people need to read this and understand this side of the story. I cant believe youre not more popular because you definitely have the gift.

  3. I?¦ve been exploring for a little for any high quality articles or weblog posts on this sort of house . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this website. Studying this info So i am glad to exhibit that I’ve a very excellent uncanny feeling I came upon just what I needed. I such a lot without a doubt will make sure to do not put out of your mind this website and provides it a look regularly.

  4. What i don’t realize is actually how you are not really much more well-liked than you might be right now. You are very intelligent. You realize thus significantly relating to this subject, made me personally consider it from so many varied angles. Its like women and men aren’t fascinated unless it’s one thing to accomplish with Lady gaga! Your own stuffs great. Always maintain it up!

  5. Hi there, I discovered your web site by way of Google whilst searching for a related subject, your web site got here up, it appears good. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

  6. Heya i’m for the first time here. I came across this board and I in finding It truly helpful & it helped me out a lot. I’m hoping to give something back and help others like you helped me.

  7. Spot on with this write-up, I really think this web site needs rather more consideration. I’ll probably be once more to read much more, thanks for that info.

  8. What Is ZenCortex? ZenCortex is a natural supplement that promotes healthy hearing and mental tranquility. It’s crafted from premium-quality natural ingredients, each selected for its ability to combat oxidative stress and enhance the function of your auditory system and overall well-being.

  9. You really make it appear really easy along with your presentation but I find this topic to be really one thing that I think I’d by no means understand. It sort of feels too complicated and extremely broad for me. I’m taking a look forward on your next publish, I will try to get the hang of it!

  10. Thanks so much for providing individuals with such a marvellous chance to read critical reviews from this website. It is usually very good and also jam-packed with a lot of fun for me personally and my office peers to visit the blog minimum 3 times in one week to read through the newest items you have got. And lastly, I’m so certainly motivated considering the excellent inspiring ideas served by you. Some 3 areas in this post are unquestionably the best we’ve ever had.

  11. Hey there! Someone in my Facebook group shared this website with us so I came to check it out. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Exceptional blog and amazing style and design.

  12. I have read several good stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting. I surprise how so much attempt you set to make this type of magnificent informative website.

  13. I have learn a few good stuff here. Certainly price bookmarking for revisiting. I surprise how a lot effort you put to make any such magnificent informative web site.

  14. I do trust all of the concepts you’ve introduced on your post. They’re very convincing and will definitely work. Nonetheless, the posts are very quick for beginners. May you please lengthen them a bit from subsequent time? Thank you for the post.

  15. Thank you for sharing superb informations. Your website is very cool. I am impressed by the details that you have on this site. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this web page, will come back for more articles. You, my pal, ROCK! I found simply the info I already searched all over the place and just could not come across. What an ideal web site.

  16. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I’ve truly enjoyed browsing your blog posts. In any case I will be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via
Copy link