Titipku Kupas Tuntas Digitalisasi Pasar Indonesia

Tim Riset Titipku melakukan riset mengenai Digitalisasi Pasar Indonesia. (FOTO: Titipku)

SIARDAILY, Jakarta – Titipku, perusahaan yang fokus pada digitalisasi pasar sepekat dengan program Kementerian Perdagangan yang menargetkan digitalisasi satu juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di 1.000 pasar rakyat di Indonesia.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan, digitalisasi dilakukan guna menggandakan pendapatan dan omzet UMKM hingga puluhan kali lipat.

Untuk itu, Titipku sepakat dengan gerakan tersebut. Sebab, dari hasil riset yang Tim Riset Titipku susun, digitalisasi di pasar memang berdampak baik bagi para pedagang, pelanggan, kurir, hingga perekonomian Indonesia secara umum.

Baca Juga: Produk Singkong IKM Nusantara Jaya Tembus Pasar Dunia

Laporan riset terbagi menjadi tujuh bagian:

Bagian pertama, Tim Riset Titipku memaparkan kondisi real pasar, mulai dari jumlah pasar di Indonesia, pembagian jenis pasar, hingga transaksi yang dihasilkan di pasar. Selain itu, bagian ini juga membahas masalah terkini yang dialami pedagang pasar, seperti kurangnya modal hingga rantai pasokan yang panjang.

Bagian kedua, membahas inovasi teknologi yang bisa ditawarkan untuk pasar tradisional. Pada bagian ini, Tim Riset Titipku berkaca pada teknologi yang diciptakan oleh Titipku, seperti Aplikasi Belanja Titipku dan Aplikasi Titipku Lapak.

Melalui Aplikasi Belanja Titipku, pedagang jadi punya ruang luas untuk berdagang tanpa terbatas jarak. Sementara, melalui Aplikasi Titipku Lapak, pedagang bisa mengatur lapaknya sendiri. Tiap transaksi digital dan uang yang masuk juga tercatat riwayatnya, sehingga bisa dijadikan dokumentasi untuk mencari modal usaha.

Pada bagian ketiga dan keempat, laporan ini berisi tentang perkiraan nilai ekonomi yang dihasilkan dari digitalisasi UMKM dan pasar dan apakah itu bisa membuat pelaku UMKM dan pedagang pasar tahan akan resesi yang mungkin terjadi di 2023.

Menurut perkiraan, pertumbuhan ekonomi digital pada 2025, di Indonesia ada di angka 124 miliar dolar Amerika, jika memanfaatkan digitalisasi UMKM. Potensi pertumbuhan inilah yang menjadi alasan mengapa digitalisasi UMKM masuk dalam strategi Pemerintah Indonesia dalam menghadapi resesi.

Menurut CEO Titipku, Henri Suhardja, seperti dikutip dari keterangannya, Selasa 18 April 2023, peningkatan bisa terjadi, karena digitalisasi memungkinkan pelaku UMKM dan pedagang pasar mendapat pelanggan dari jarak yang lebih jauh dari pasar, yang selama ini sulit untuk belanja langsung ke pasar.

“Dengan UMKM masuk ke online/marketplace, UMKM bisa mendapatkan kesempatan untuk masuk ke pasar baru. Artinya, UMKM akan dikenal lebih luas dan mendapatkan kesempatan dikenal oleh calon customer yang baru, yang berpotensi menjadi pelanggan. Dengan demikian, UMKM tidak hanya bergantung ke pelanggan lama saja, tetapi punya pelanggan baru,” ujar Henri.

Bagian kelima, berisi studi kasus terkait digitalisasi pasar yang terjadi di China dan Indonesia. Di China, Tim mengambil kasus digitalisasi pasar buah grosir di Chongqing. Sementara, di Indonesia, kasus yang diangkat adalah proses digitalisasi keuangan yang dilakukan oleh LinkAja.

Pada bagian keenam, Tim Riset Titipku memaparkan temuan seputar persepsi pelanggan dan pedagang pasar soal digitalisasi pasar. Data yang digunakan merupakan data primer hasil dari wawancara ke pedagang dan survei ke pelanggan. Secara umum, hasil survei menunjukkan bahwa digitalisasi pasar mempermudah proses belanja dan mencari produk.

Pelanggan juga menilai, belanja daring terpercaya, karena ada layanan dari customer service yang siap membantu. Sebab itu, para pelanggan merasa belanja daring menjadi kebiasaan baru yang mungkin tetap dilakukan bahkan ketika COVID-19 sudah mereda.

Sementara, hasil wawancara ke pedagang juga menghasilkan beberapa temuan, di antaranya: proses penjualan barang jadi lebih mudah, proses mengiklankan produk jadi lebih mudah, proses penggunaan aplikasi tidak sulit, dan penjualan secara daring bisa meningkatkan omzet pedagang.

Di bagian ketujuh, Tim Riset Titipku memberi kesimpulan atas hasil riset dan saran terkait tindak lanjut dari hasil riset. Secara umum, Titipku mendukung gerakan pemerintah untuk mendigitalisasi UMKM dan pedagang pasar, dan proses ini harus dilakukan sesegera mungkin. Tujuannya, agar omzet pedagang meningkat dan mereka bisa siap menghadapi resesi. (asp)

Baca Juga:

3 thoughts on “Titipku Kupas Tuntas Digitalisasi Pasar Indonesia

  1. facere et odit aut eveniet minima aut dolorum blanditiis. consequatur aut rem et recusandae dicta autem odio tenetur qui eaque voluptas. fuga sint est deleniti vitae consequatur et minima est hic quos qui ut quia. fugit doloribus atque odit officia ipsam impedit dolores voluptate qui molestiae distinctio. vel et aliquam id sunt accusamus quae iste rem voluptatum commodi omnis velit facilis tempore nulla.

  2. hic nulla aut quod maiores unde aut qui et modi qui aspernatur est quod dolore modi reprehenderit. ipsum velit similique eligendi labore nemo vel. vero consequuntur est libero est nesciunt quos velit sint minima dolorem unde itaque ad. architecto voluptatum totam quibusdam earum inventore fuga autem id deleniti consequuntur autem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via
Copy link