Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hadir dalam perubahan logo BTN. (FOTO: btn)

BTN Ubah Logo Baru Makin Percaya Diri

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hadir dalam acara perubahan logo BTN.. (FOTO: btn)

SIARDAILY, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dalam usianya yang ke-74, melakukan “rebranding“, salah satunya dengan meluncurkan logo baru. Logo baru yang dirilis merupakan simbol keberhasilan dan komitmen perseroan dalam melanjutkan transformasi menjadi bank yang lebih modern, dan adaptif dalam menghadapi digitalisasi.

Langkah rebranding itu, sejalan dengan transformasi perusahaan untuk menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025.

BTN meluncurkan logo barunya dalam gelaran BTN Anniversary Festival 2024, yang diadakan di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu 3 Maret 2024.

Baca Juga: BTN Penguasa Pasar KPR Indonesia

Dalam sambutannya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, ulang tahun ke-74 dan peluncuran logo baru menjadi momentum bagi BTN untuk melakukan percepatan transformasi.

Erick berpesan, BTN harus mampu menjadi tumpuan dalam solusi pembiayaan perumahan bagi masyarakat. Apalagi, saat ini 52 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan, dan diperkirakan angka ini meningkat menjadi 70 persen pada 2035.

Erick menambahkan, pembiayaan untuk 600 ribu rumah tidak cukup memenuhi kebutuhan masyarakat, karena secara keseluruhan, backlog (kekurangan) perumahan di Indonesia masih bertengger di angka 12,7 juta.

“BTN tentu sudah luar biasa, dari 600 ribu rumah, sekarang sudah 300 ribu rumah yang BTN biayai. Tetapi, angka satu juta sampai 1,5 juta rumah harus menjadi terobosan,” ujarnya dalam keterangan resmi perseroan, Senin 4 Maret 2024.

Menurut Erick, BTN memiliki kapabilitas untuk mencapai goal tersebut, karena kinerjanya yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, baik dari sisi aset maupun penurunan kredit bermasalah. Hal tersebut, menandakan bahwa BTN merupakan bank dengan kesehatan yang baik.

“Perjalanan BTN luar biasa, setelah mencapai usia ke-74. Pada 2019, ketika saya menjadi Menteri BUMN, BTN hanya membukukan laba Rp200 miliar. Namun, sekarang sudah mencapai Rp3,5 triliun. Hal ini berarti, bank ini lebih sehat dan akan memberikan layanan yang juga sehat,” ujar Erick.

Erick berharap, BTN dapat menjadi sebuah solusi untuk perumahan masa depan anak muda, sehingga BTN harus bekerja lebih keras dan menyusun strategi besar. “Nafas logo baru ini harus benar-benar dimaknai oleh seluruh BTNers dalam rangka menciptakan solusi bagi backlog perumahan kita,” kata Erick.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, logo merupakan bentuk tanggung jawab dan kredibilitas bagi sebuah organisasi, sehingga BTN harus menjaga makna yang dibawa oleh logo barunya.

“Garis merah yang dahulu di bawah kata BTN, sekarang berada di atas. Artinya, menjadi lebih sigap dan efisien. Sedangkan penggunaan huruf kecil berarti memasyarakat, sehingga BTN harus menjadi bank untuk rumah masyarakat,” ujar Basuki.

Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan, perubahan logo ini merupakan refleksi dari transformasi yang dilakukan BTN, di antaranya di ranah digital untuk mendukung proses bisnis dan layanannya, serta operasional kantor-kantor cabang yang lebih modern. Dengan brand image yang lebih modern dan kekinian, BTN siap untuk bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadi bank pilihan utama bagi nasabah.

“BTN memperkenalkan logo terbaru yang lebih fresh, kekinian, dan mengikuti perkembangan jaman. Wajah baru ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan core business Bank BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secara berkelanjutan. Dengan logo baru di usianya yang ke-74, BTN unjuk gigi sebagai one stop financial solution bagi masyarakat untuk bertransaksi tidak hanya dalam hal pembiayaan perumahan, tetapi juga beyond mortgage,” kata Nixon.

Logo baru BTN memiliki font atau bentuk tulisan yang menyimbolkan optimisme, dengan rancangan konstruksi yang berani dan dinamis untuk menggambarkan Bank BTN yang modern dan relevan dengan perkembangan zaman.

Nixon menjelaskan, perseroan menggunakan huruf kecil pada logo BTN melambangkan bank yang mudah didekati dan memahami kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif dalam perjalanan nasabah, dan membantu mencapai tujuan hidup. Perseroan berharap, dapat menjadi rumah, tempat dimulainya perjalanan hidup.

Garis merah di atas tulisan “btn” menyimbolkan visi Bank yang progresif dan terus melangkah maju. BTN ingin memantapkan posisinya sebagai lembaga keuangan visioner yang konsisten berkembang secara progresif. “Dengan terus menciptakan inovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan dirinya sebagai bank beyond mortgage atau bank yang melayani lebih dari KPR,” tambah Nixon.

Sedangkan warna logo, yaitu Dynamic Blue dan Stablitas Merah mewakili bank yang inovatif dan dinamis dalam upayanya mengembangkan dan menciptakan produk keuangan, yang bertujuan untuk membangun ekosistem keuangan yang inovatif, modern, dan andal.

Secara filosofis, warna Dynamic Blue merupakan warna yang lebih hidup dan segar dibandingkan warna biru lainnya. Warna ini menggambarkan sifat percaya diri dalam menarik masyarakat yang lebih luas di luar batas negara. Sedangkan warna Stabilitas Merah melambangkan stabilitas, mencerminkan kekuatan dan ketahanan institusi yang dibangun melalui pengalam berharga selama bertahun-tahun.

Nixon menegaskan, perubahan logo BTN ini efektif dilakukan pada 3 Maret 2024, dengan beberapa catatan: Pertama, tidak ada perubahan pada nama perseroan (PT Bank Tabungan Negara Tbk); Kedua, perubahan merek dan logo tidak memengaruhi kerja sama yang sedang berlangsung dan perjanjian yang telah disepakati, baik antara perseroan dengan nasabah maupun antara perseroan dengan pihak ketiga lainnya; Ketiga, informasi lebih lengkap akan disampaikan melalui website BTN atau nasabah dapat menghubungi BTN Call.

BTN Ubah Logo Baru. (FOTO: btn)

BTN Anniversary Festival 2024

Sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74, BTN mengadakan peluncuran rebranding logo tersebut dalam acara bertajuk BTN Anniversary Festival 2024 pada Minggu 3 Maret 2024 di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta. Acara tersebut dihadiri segenap manajemen dan karyawan BTN, serta para keluarga mereka. Sederet penyanyi dan band ternama turut memeriahkan acara tersebut.

Selain peluncuran logo baru, perseroan menggelar sejumlah rangkaian acara perayaan HUT ke-74 BTN, termasuk BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon) dan Fun Run 3K, Basket 3 on 3, BTN Culinary, dan BTN Soundphoria. Berikut adalah detil dari berbagai acara tersebut:

  • BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon) & Fun Run 3K
    Perlombaan lari yang diadakan oleh Bank BTN dengan kategori lari untuk jarak 5 kilometer (KM) dan 10 KM serta Aquathlon (berlari 2,5 KM – berenang 500 meter – berlari 2,5 KM) yang diikuti oleh masyarakat umum maupun BTNers dengan tujuan meningkatkan brand engagement dan brand awareness Bank BTN dengan logo terbarunya, serta berbagai produk dan layanan yang dimiliki Bank BTN. Selain itu, untuk BTNers dan keluarga yang tidak mengikuti BTN Run, dapat mengikuti Fun Run dengan jarak 3 KM.
  • BTN Culinary (Promo Spesial Rp7.400 atau Diskon 74%)
    Sebagai upaya meningkatkan potensi bisnis Bank BTN dalam penyelenggaraan acara BTN Anniversary Festival 2024, perseroan menghadirkan promo harga spesial HUT BTN ke-74 sebesar Rp7.400 atau diskon 74% atau promo sejenisnya dengan transaksi pembelian melalui QRIS BTN Mobile dan Kartu Debit BTN Visa dengan promo di 74 merchant, tenant, UMKM, maupun rekanan dari Bank BTN yang dapat dinikmati oleh BTNers dan keluarga maupun masyarakat umum yang hadir dengan tema BTN Culinary.
  • BTN Soundphoria
    Sebagai daya tarik acara BTN Anniversary Festival 2024, perseroan menampilkan hiburan artis Indonesia yang dapat dinikmati oleh BTNers dan keluarga, maupun peserta BTN RUN dan BTN Aquathlon sebagai wujud apresiasi Bank BTN terhadap BTNers dan keluarga, serta upaya meningkatkan brand engagement dan brand awareness BTN. Sejumlah artis yang tampil yaitu Ari Lasso, Gigi, Sammy Simorangkir, Armada, dan Ayu Ting Ting.

Dalam rangka menarik lebih banyak masyarakat umum terhadap produk dan layanan BTN, perseroan turut meluncurkan sejumlah penawaran terbaru, yaitu BTN Kita, BTN ATYA. “Bank BTN berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah dengan menjadi bank pilihan untuk menabung, bertransaksi, dan memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat,” ungkap Nixon. (asp)

Baca Juga: Meneropong Prospek Cerah Merger BTN Syariah-Bank Muamalat

Berita Lainnya

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via
Copy link