Jasa Marga Akuisisi 10% Saham JKC Milik Synergy Quest

Jasa Marga dan Synergy Quest International Limited menandatangani sales purchase agreement. (FOTO: JSMR)

SIARDAILY, Jakarta PT Jasa Marga Tbk (Persero) dan Synergy Quest International Limited (SQIL) secara resmi menandatangani Akta Jual Beli Saham atau Sales Purchase Agreement (SPA) untuk PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (PT JKC), anak usaha Jasa Marga yang mengelola Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Dengan wujud komitmen kedua belah pihak untuk melalui penandatanganan SPA tersebut, secara resmi Jasa Marga melakukan pembelian saham SQIL di PT JKC sebesar 10 persen. Setelah pelaksanaan penandatanganan SPA, komposisi pemegang saham PT JKC saat ini, yaitu sebesar 88,67 persen dimiliki Jasa Marga, yang merupakan pemegang saham mayoritas, 11,01 persen dimiliki PT Triputra Utama Selaras, dan 0,32 persen dimiliki PT Nindya Karya.

Aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi korporasi yang dilakukan Jasa Marga melalui program asset recycling untuk mengoptimalkan portofolio bisnis, dalam rangka menyeimbangkan pertumbuhan dan menjaga kesinambungan bisnis perusahaan.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur mengatakan, perseroan telah melakukan diskusi intens dengan Manajemen SQIL, sehingga sepakat untuk melanjutkan penandatanganan SPA PT JKC yang tentunya memberikan manfaat untuk semua pihak.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada SQIL, yang telah menjadi mitra strategis Jasa Marga dalam pengusahaan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran. Jalan tol ini merupakan jalur strategis yang terintegrasi dengan Jalan Tol Sedyatmo, Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Kunciran-Serpong, sehingga dapat mempersingkat waktu dan jarak tempuh menuju Bandara Soekarno-Hatta, serta diharapkan dapat memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi dan kawasan pada Kota Tangerang dan sekitarnya,” ujar Subakti dalam keterangan resminya, Rabu 10 Juli 2024.

Baca Juga: Kuartal I, Jasa Marga Bukukan Laba Bersih Rp585,92 Miliar

Senada dengan Subakti, Direktur SQIL, Mohamad Akmal Johari menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Jasa Marga atas kerjasama yang terjalin sangat baik sebagai mitra dalam pengusahaan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

“Saya juga berharap semoga PT JKC senantiasa menjaga, selalu menjadi perusahaan jalan tol yang berkinerja tinggi, dengan pelayanan jalan tol yang sangat baik, sehingga dapat menjaga sustainability of business-nya” ujarnya.

PT Jasamarga Kunciran Cengkareng merupakan pengelola Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (CBK) sepanjang 14,19 kilometer (KM). Jalan tol ini melewati Kota Tangerang, yang merupakan dominasi wilayah sektor industri dan tempat tinggal, sehingga Jalan Tol CBK menjadi alternatif pilihan angkutan industri.

Selain itu, Jalan Tol CBK juga memberikan kepastian waktu, sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat dan biaya operasional kendaraan menjadi lebih hemat baik kepada penumpang Bandara Soekarno-Hatta maupun komuter Tangerang-Jakarta.

Dengan adanya Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, saat ini pengguna jalan dari wilayah Bekasi, Bogor, Depok, dan sekitarnya mempunyai jalur alternatif baru menuju Serpong, Tangerang hingga Bandara Soekarno – Hatta, Cengkareng, dengan melewati Jalan Tol JORR 2. Dengan terintegrasi penuh, Jalan Tol JORR 2 dapat memangkas waktu perjalanan pengguna jalan dengan lebih cepat lagi. (asp)

Baca Juga: Jasa Marga Berlakukan Diskon Tarif Tol 20% Jalan Tol Trans Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via
Copy link