Pandemi, Mahasiswa UMB Gelar Baksos Bersama Anak Yatim

SIAR DAILY, Bekasi— Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Public Relations Universitas Mercu Buana (UMB), Jatisampurna, Bekasi mengadakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN). Pada kegiatan KPN tersebut para mahasiswa UMB melakukan sejumlah kegiatan bersama anak-anak yatim serta bakti sosial guna mendorong kepedulian sosial di masa pandemi ini.

“Kami ingin berbagi kebahagiaan dan meningkatkan rasa peduli sesama bersama anak-anak yatim piatu. Apalagi di masa pandemi ini kami berharap dengan bakti sosial ini bisa meringankan beban para pengurus panti dan anak-anak yatim piatu,” ujar Ketua Panitia Kuliah Peduli Negeri UMB Bekasi, Alisah Nurul Aulia di sela-sela kegiatan beberapa waktu lalu.

Alisah menerangkan, kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN) UMB tersebut dilaksanakan, dengan mengunjungi Panti Yauma Yatim dan Dhuafa yang ada di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan KPN mengusung tema “Fun Learning, Fun Game dan Bakti Sosial” yang dilaksanakan dalam beberapa kegiatan mulai Jumat 12 November 2021 dan Minggu 5 Desember 2021 lalu.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Dukung Program Kampung Kreatif Condet

Kegiatan KPN ini dipandu langsung oleh sejumlah mahasiswa Universitas Mercu Buana sebagai pengisi acara dan diikuti sekitar 25 anak yatim piatu yang tinggal di Panti Yauma Yatim Dhuafa Bekasi. Sejumlah perusahaan swasta seperti Toyota Astrido cabang Pondok Gede serta sejumlah donator juga memberikan dukungan baik dana bantuan seperti uang tunai maupun peralatan sekolah untuk anak-anak yatim piatu tersebut.

Panitia penyelenggara kegiatan KPN berasal dari mahasiswa UMB antara lain Vivya Oktaviani, Iwan Saputra, Danu Setyo Pamungkas, Dewi Puspitasari, dan Aprinina Indraningrum. Mereka didampingi oleh Dosen Pembimbing Kuliah Peduli Negeri UMB yakni Dr. Santa Lorita Simamora dan Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UMB, Dra. Tri Diah Cahyowati, M.Si.

Kegiatan KPN UMB dimulai pada hari Jumat tanggal 12 November 2021 dengan mengajak anak-anak yatim dan mahasiswa untuk menonton film pendek yang diproduksi oleh Kemendikbud tahun 2017 yang berjudul “Berubah”. Panitia kemudian mereview film, mengadakan tanya jawab seputar film yang diputar dan hiburan dengan bermain games bersama.

Sedangkan kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 5 Desember 2021 dengan mereview film animasi anak – anak yang sering ditayangkan di layar televisi. Melalui kegiatan tersebut, mahasiswa ingin mengedukasi anak-anak yatim untuk mengetahui adegan – adegan film animasi yang baik untuk dilaksanakan dan mengindari adegan buruk yang ada.

Adanya dukungan dana dari perusahaan dan donuatur di salurkan oleh pihak panitia melalui kegiatan bakti sosial, penyerahan bantuan dana, bingkisan alat tulis, serta kotak makan siang untuk anak-anak yatim di Panti Yauma Yatim dan Dhuafa Bekasi. Para mahasiswa UMB berharap mereka bisa memetik pelajaran yang terkandung dalam alur film tersebut sehingga mereka memiliki semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian dan kontribusi mahasiswa terhadap bangsa dan negara. Kami yakin Program KPN ini sangat dibutuhkan dalam situasi pandemi saat ini untuk membantu adik-adik di Panti Yauma Yatim Dhuafa baik dalam bentuk moril maupun materil serta menumbuhkan rasa kepedulian, menciptakan suasana riang dan gembira,” harapnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana Jatisampurna. Dr. Santa Lorita Simamora menyatakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri merupakan satu mata kuliah khas Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana.

“Kami ingin mahasiswa UMB memiliki kepedulian antar sesama dan memahami bahwa ada orang-orang yang membutuhkan bantuan dari generasi muda khususnya di masa pandemic ini. Para mahasiswa di masa pandemi juga tetap mampu mengasah keterampilan berkomunikasi yang baik dan diarahkan untuk berbagi kasih melalui literasi media film kepada anak-anak Panti Yatim dan Dhuafa,” harapnya. (R/01)

Share via
Copy link