SIARDAILY, Jakarta – Setelah TikTok, SnackVideo, Likee dan lainnya, kini Indonesia kedatangan platform video pendek baru yaitu Chingari. Berbeda dengan kompetitor yang kebanyakan dari China, Chingari berasal dari India.
Selain itu, pembeda lainnya adalah platform ini didukung teknologi monetisasi konten dari $Gari social token.
Bersamaan dengan perayaan tahun baru Imlek, Chingari Indonesia bersama kreator konten Indonesia, menggelar kontes pertamanya berbarengan dengan peluncuran aplikasi ini.
“Kontes ini adalah untuk menggairahkan industri konten di Indonesia, yang terkenal dengan kreativitas dan bakatnya yang luar biasa. Di momen Tahun Baru Imlek, pemenang kontes berkesempatan untuk memenangkan hadiah yang sangat menarik dalam bentuk Angpao,” kata Co-founder & CEO Chingari Indonesia, Sumit Ghosh, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin 7 Februari 2022.
Baca juga: Permudah Akses Edukasi NFT, TokoMall Rilis Wajah Baru
Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia juga terkenal dengan banyak destinasi wisata yang paling eksotis di dunia. Keragaman budaya Indonesia yang luar biasa telah menarik talenta-talenta paling kreatif, yang melahirkan konten menarik serta mendapatkan ketenaran di seluruh dunia.
Menurut studi terbaru, seperti dilansir laman Antara, ekonomi konten kreatif telah mencatat rekor pendanaan 1,3 miliar dolar AS pada tahun 2021. Di mana, ini hampir tiga kali lipat dari pendanaan di 2020.
Data tersebut menunjukkan potensi besar ekonomi konten kreatif, serta betapa luasnya peluang para kreator untuk dapat mengeksplorasi dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi.
Peluncuran Chingari di Indonesia, difokuskan untuk membantu para kreator di setiap daerah di Indonesia mempromosikan konten kreatifnya, dengan cara memberi peluang memonetisasi konten.
Selain membuat konten, aplikasi India ini memungkinkan penggunanya untuk bersosialisasi dan menelusuri berita trending dan hiburan, video lucu, video lagu, kutipan cinta, dan sebagainya. Pengguna dapat menonton, mengunduh, dan bahkan berbagi informasi atau video hiburan dengan teman dan keluarga. Ini juga memungkinkan orang untuk mendapatkan uang berdasarkan viralitas video. Tampilan dapat dikonversi menjadi poin dan kemudian dimonetisasi.
Para kreator yang konisitem menciptakan konten-konten baru nan segar, akan dibantu memonetisasi konten mereka secara besar-besaran melalui aplikasi Chingari Indonesia yang didukung oleh teknologi $GARI Social Tokens.
Aplikasi ini berkolaborasi dengan banyak merek ternama, serta memberikan kesempatan kepada para kreator untuk membuat konten dari merek tersebut dan menghasilkan uang. Kerjasama antara Chingari – Brand – Kreator ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi bagi pembuat konten di Indonesia.
Sumit Ghosh mengatakan, dengan diperkenalkannya $GARI Token pada 5 Februari, Chingari siap untuk mengangkat ekonomi para kreator konten di Indonesia.
Penggunaan teknologi kripto dan non-fungible tokens (NFT), memungkinkan mereka naik ke level berikutnya. Chingari akan memimpin komunitas pembuat konten untuk menghasilkan model pendapatan baru dan membantu mereka memonetisasi konten.
Sumit menyatakan rasa senangnya bisa berinteraksi dengan komunitas kreator di Indonesia, dan respons yang diterima sejauh ini luar biasa.
“Kreatifitas dan bakat yang dihasilkan para kreator di Indonesia, sangat beragam. Kami berharap, dapat mengerjakan proyek-proyek hebat dengan para kreator dan menghasilkan beberapa konten segar dan menakjubkan untuk merek-merek yang telah berasosiasi dengan kami di Indonesia, sambil membantu mereka memonetisasi kreasi mereka. Kreator perlu menantikan lebih banyak kejutan dan bersiap untuk terbang tinggi dalam ekonomi konten kreatof bersama Chingari Indonesia yang didukung oleh $GARI Social Tokens,” kata Deepak Salvi, Co-founder & COO Chingari Indonesia.
Chingari Indonesia siap menghibur penggunanya di negara ini dengan konten premium yang dibagikan di aplikasi OTT ternama, label musik, dan merek-merek teratas yang telah berkolaborasi dengan Chingari di Indonesia.
Para kreator konten bisa mengunduh aplikasi Chingari di app stores resmi, dan bisa langsung membuat video kreatif untuk mendapatkan token $GARI, mulai 6 Februari 2022.
Token $GARI terdaftar di beberapa bursa kripto global seperti Huobi, FTX, KuCoin, Gate.io, OKEx dan MEXC Global. Namun, berdasarkan pantuan, masih belum tersedia di bursa kripto lokal seperti Indodax, Tokocrypto, Pintu, dan lainnya.
Di coinmarketcap, token $GARI saat artikel ini ditulis berada di ranking 2.876, dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp382.640.123.024. harus bekerja keras untuk bisa mendapat rekomendasi Bappebti, yang mensyaratkan harus masuk di ranking 500. Harga 1 token $GARI saat ini, ada di kisaran Rp8.458. (as9)
Baca juga: Tingkatkan Adopsi Layanan dan Talenta Digital, OVO Terbanyak Digunakan