Siswi SMA Jakarta Intercultural School Ciptakan Batu Bata Ramah Lingkungan

Sheina Ashley Pribadi adalah siswi kelas 12 di JIS yang membuat batu bata ramah lingkungan melalui proyek ACE. (FOTO: Arsip Jakarta Intercultural School)

SIARDAILY, Jakarta – Apa yang diperbuat siswi SMA ini, bisa menjadi contoh positif bagi siswa-siswi lainnya. Sebab, ia berhasil menciptakan bahan bangunan ramah lingkungan untuk mengatasi polusi udara yang belakangan ini mengkhawatirkan.

Sheina Ashley Pribadi adalah siswi kelas 12 di Jakarta Intercultural School yang menginisasi proyek ACE. Proyek ini ia gagas untuk menciptakan bangunan yang lebih ramah lingkungan dalam rangka mengurangi emisi karbon.

“Proyek ACE bertujuan untuk menggantikan batu bata semen atau tanah liat yang menimbulkan polusi. Caranya, dengan mengganti sebagian besar semen pada batu bata dengan fly ash,” kata Sheina dalam perbincangan dengan wartawan, seperti dikutip dari laman RRI, Kamis 19 Oktober 2023.

Baca Juga : Semen Indonesia Ikut Kendalikan Pencemaran Lingkungan di Jatim

Sheina mengatakan, fly ash adalah produk sampingan PLTU batu bara. Jika tidak dimanfaatkan untuk pembuatan semen ini, fly ash hanya jadi sampah yang dapat mencemari saluran air dan berakhir di tempat pembuangan sampah.

Melalui proyek ini, ia ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan bahan bangunan rendah polusi. Tujuan akhirnya adalah memperlambat dampak perubahan iklim. “Idenya muncul saat kursus solusi tentang lingkungan di Stanford tahun lalu. Saya banyak konsultasi dengan profesor, insinyur, dan mempraktikkannya sendiri di Jakarta,” ujarnya.

Sheina mengaku bereksperimen sendiri, membuat prototipe rumah, hingga menguji prototipe di laboratorium. Formula yang terakhir dapat mencegah 50 persen lepasnya karbondioksida. Artinya, setiap kilogram semen yang diganti dengan fly ash menghemat 0,9 kilogram karbondioksida agar tidak terbuang ke atmosfer.

Pengujian berikutnya adalah uji kekuatan. Sembilan prototipe batu bata terkuat diuji di laboratorium Universitas Tarumanegara Jakarta, untuk dilakukan penguatan dengan uji kompresi. “Formula terakhir bisa melampaui standar FC20 (mutu sedang beton standar Kementerian PUPR),” ujar juara Technovation Girls Indonesia tahun 2023 ini.

Saat ini, batu bata ramah lingkungan ciptaan Sheina mulai diproduksi. Ia dibantu oleh lokakarya lokal di Bogor, untuk memproduksi batu bata dengan bahan baku fly ash dari PLTU Paiton Malang. Sedangkan untuk desain, ia banyak dibantu pamannya, yang kebetulan seorang arsitek.

Batu bata temuan Sheina ini untuk sementara masih diperuntukkan membangun kepentingan umum, salah satunya untuk membangun trotoar yang rusak. Seperti yang sudah dibangun di trotoar di kawasan Sekolah Al-Firdaus di Bumi Serpong Damai (BSD). Sedangkan untuk tujuan komersial, ia mengaku belum memikirkannya.

“Meskipun kami punya harapan di masa depan, proyek ini tidak bertujuan menjual batu bata secara komersial. Batu bata ini akan digunakan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” katanya.

Atas batu bata temuannya ini, Sheina telah menerima hibah dari ‘The Iris Project’. Hibah ini memungkinkan Sheina membeli bahan baku dan peralatan yang diperlukan.

“Semoga ke depan, temuan ini bisa dipatenkan dan kami bisa mengembangkan produk ini bermitra dengan perusahaan bangunan di Indonesia. Sehingga, bisa diproduksi secara massal untuk menciptakan bahan bangunan yang lebih ramah lingkungan guna mengurangi emisi karbon,” ujar Finalis Global RISE for The World 2023 ini. (asp)

Baca Juga : Agincourt Resources Gencar Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

19 thoughts on “Siswi SMA Jakarta Intercultural School Ciptakan Batu Bata Ramah Lingkungan

  1. Thanks for sharing superb informations. Your site is very cool. I’m impressed by the details that you’ve on this website. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found simply the information I already searched everywhere and simply couldn’t come across. What a great web-site.

  2. I like what you guys are up also. Such smart work and reporting! Carry on the excellent works guys I have incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my web site 🙂

  3. Hello, Neat post. There is a problem along with your web site in web explorer, could check thisK IE still is the market leader and a large part of folks will pass over your great writing because of this problem.

  4. Hello, i think that i saw you visited my website thus i came to “return the favor”.I’m trying to find things to enhance my site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

  5. I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty worth enough for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever before.

  6. This web site is really a walk-through for all of the info you wanted about this and didn’t know who to ask. Glimpse here, and you’ll definitely discover it.

  7. What i don’t realize is in reality how you’re now not really much more smartly-favored than you might be now. You’re so intelligent. You know thus considerably on the subject of this matter, produced me personally consider it from a lot of numerous angles. Its like women and men don’t seem to be fascinated except it is something to do with Lady gaga! Your own stuffs great. All the time handle it up!

  8. I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get bought an impatience over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via
Copy link