Konferensi Media dan Iftar Home Credit Indonesia 2023. (FOTO: Siardaily)
SIARDAILY, Jakarta – PT Home Credit Indonesia (Home Credit) melakukan survei terhadap lebih dari 1.300 responden melalui aplikasi My Home Credit selama memasuki bulan Ramadan (selanjutnya ditulis Ramadhan) tahun ini. Survei tersebut dilakukan, untuk mengungkap responden membeli sejumlah barang apa saja pada Februari 2023.
Menurut survei perusahaan pembiayaan berbasis teknologi tersebut, prefensi barang-barang yang dibeli saat Ramadhan, yakni fashion dan aksesoris mendominasi sebesar 43 persen. Lalu, gadget dan aksesorisnya 34 persen, elektronik rumah tangga 27 persen, furnitur 16 persen, bingkisan seperti parsel 14 persen, dan dekorasi rumah mencapai 13 persen.
Survei itu juga menunjukkan bahwa responden tidak hanya mengandalkan uang tunai, namun juga mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pembiayaan untuk membeli berbagai barang seperti furnitur, perlengkapan elektronik rumah tangga, dan gadget.
Vice President Brand & Marketing Strategy Home Credit Indonesia, Martha Grashiana mengatakan, responden memilih pembiayaan barang dengan berbagai alasan terkait pengelolaan pengeluaran. Misalnya, untuk mengelola arus kas keuangan pribadi (58 persen), menyimpan uang tunai untuk dana darurat atau ditabung (35 persen), serta melengkapi kebutuhan dana untuk membeli barang yang dibutuhkan (30 persen) dan sebagainya.
Selain alasan pengaturan pengeluaran, tambahnya, responden juga memilih pembiayaan barang dengan alasan berbagai kemudahan yang ditawarkan perusahaan pembiayaan kepada pelanggan, seperti proses yang cepat dan mudah (54 persen), tenor yang cocok (54 persen), pengalaman yang baik dengan pembiayaan barang sebelumnya (50 persen), promo yang aktraktif (39 persen), dan sebagainya.
“Berbagai kemudahan bagi pelanggan tersebut, dapat ditemui di layanan pembiayaan barang Home Credit yang dapat digunakan untuk membeli berbagai barang di toko offline ataupun online,” kata Martha saat Konferensi Media dan Iftar Home Credit Indonesia 2023 di Zoti, Hotel Morissey, Jakarta, Kamis sore, 6 April 2023.
Baca Juga: Hyundai Hadirkan Promo Khusus Ramadhan 2023
Martha melanjutkan, dalam survei tersebut terungkap bahwa responden cenderung lebih memilih saluran pembelian offline dengan porsi 54 persen seperti toko-toko di pusat perbelanjaan modern (mal) atau pasar tradisional, untuk membeli berbagai barang seperti gadget (termasuk smartphone), peralatan elektronik rumah tangga, furniture, kebutuhan dasar seperti beras dan sebagainya.
Sementara itu, responden cenderung lebih memilih saluran pembelian online dengan porsi 46 persen seperti e-commerce, media sosial, website brand atau saluran lain untuk melakukan transaksi seperti membeli fashion dan aksesoris, perlengkapan hobi, dan pembayaran tagihan.
Berangkat dari kebutuhan masyarakat atas pembiayaan barang tersebut, Home Credit menghadirkan program spesial bernama Promo Ngabuburit. Dalam program yang berlaku sepanjang Ramadhan ini, masyarakat yang menggunakan layanan Home Credit berkesempatan untuk mendapatkan ratusan hadiah menarik setiap harinya seperti emas 5 gram, peralatan elektronik, gadget, dan saldo Home Credit Pay.
Menariknya, promo Ngabuburit ini juga dapat dikombinasikan dengan promo Home Credit lainnya seperti promo 0% dan bebas satu kali cicilan di lebih dari 23 ribu toko mitra yang bekerjasama dengan Home Credit di seluruh Indonesia tersebut.
“Program spesial selama Ramadhan ini bertujuan untuk semakin memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, selagi memanfaatkan waktu Ngabuburit bersama kerabat dan orang-orang terdekat, agar momen Ramadhan ini jadi bisa lebih bermakna. Berbagai program spesial dari Home Credit dapat dilihat di www.homecredit.co.id,” kata Martha.
Home Credit-Bank Jago Kolaborasi
Sementara itu, Merchant Business CVM Lead PT Bank Jago Tbk., Yusuf Aria Putera mengatakan, sebagai bank berbasis teknologi yang tertanam dalam ekosistem digital di Indonesia, Bank Jago berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Home Credit Indonesia untuk memberikan kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi dan menabung sesuai dengan cara mereka.
Kolaborasi yang dilakukan bersama Home Credit Indonesia adalah kolaborasi penyaluran kredit dan edukasi nasabah. Memiliki aspirasi untuk meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta orang melalui solusi finansial digital yang berfokus pada kehidupan, Bank Jago senantiasa memahami minat dan tantangan yang dihadapi nasabah dalam mengelola keuangan serta memberikan edukasi keuangan kepada mereka.
Dalam mengelola kebutuhan keuangan, nasabah dapat menggunakan fitur Kantong (Pockets) untuk memisahkan uang ke dalam pos-pos yang berbeda sesuai kebutuhan dan keinginan, misalnya untuk tagihan rutin, biaya anak sekolah, hingga untuk mudik bersama keluarga. Nasabah dapat membuat hingga 40 kantong, yang memiliki nomor rekening yang berbeda untuk setiap kantongnya.
“Ini memudahkan mereka untuk lebih bijak mengatur dana masuk dan keluar langsung dari kantong yang diinginkan, agar tidak overspending, khususnya di bulan Ramadhan. Memang, kami merancang fitur-fitur Jago App dengan menempatkan aspek hidup sebagai prioritas utama, kemudian aspek keuangan sebagai prioritas selanjutnya,” ungkap Yusuf.
Sedangkan Perencana Keuangan, Annisa Steviani mengatakan, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk mulai meningkatkan kemampuan manajemen keuangan, mengingat kebutuhan atau pengeluaran yang semakin meningkat. Salah satu caranya, dengan menjaga rasio kewajiban yang dimiliki seseorang terhadap pendapatan di level tertentu yang dianjurkan oleh penasihat keuangan.
“Masyarakat saat ini memiliki berbagai pilihan metode pembayaran untuk memenuhi kebutuhannya, mulai dari uang tunai, pembiayaan barang, paylater, kartu kredit, pinjaman tunai, dan sebagainya. Kemampuan untuk mengelola berbagai metode pembayaran tersebut menjadi semakin penting pada saat ini, terlebih jika terdapat keterbatasan uang tunai atau kebutuhan untuk bisa dengan baik mengelola THR (Tunjangan Hari Raya) yang diterima menjelang Lebaran,” kata dia pada kesempatan sama. (as09)