Presiden Jokowi Resmikan LRT Jabodebek Senilai Rp32 Triliun

Presiden Jokowi meresmikan moda transportasi LRT Terintegrasi Jabodebek. (FOTO: Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden)

SIARDAILY, Jakarta – Presiden Joko Widodo meresmikan moda transportasi kereta api ringan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi atau Jabodebek di Stasiun LRT Cawang, Jakarta pada hari ini, Senin 28 Agustus 2023.

LRT sepanjang 41,2 kilometer tersebut, dibangun dengan menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun.

“Hari ini, alhamdulillah LRT juga sudah siap dioperasikan, baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 kilometer dan menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan resminya yang diliris Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Kehadiran LRT ini melengkapi deretan moda transportasi massal yang dibangun oleh pemerintah di Ibu Kota dan sekitarnya setelah Moda Raya Terpadu (MRT), Kereta Rel Listrik (KRL), TransJakarta, hingga kereta bandara.

Presiden Jokowi berharap, dengan hadirnya moda-moda transportasi massal tersebut, masyarakat bisa beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal, sehingga bisa mengurangi kemacetan di Ibu Kota dan sekitarnya.

“Kita selalu masuk sebagai 10 besar kota yang termacet di dunia. Setiap hari masuk 996 ribu kendaraan ke Jakarta setiap harinya. Sebab itu, macet, polusi juga selalu ada di Jakarta. Sebab itu, kenapa dibangun MRT, LRT, KRL, TransJakarta, BRT, kereta bandara, agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal,” ujar Presiden.

Baca Juga : LRT Jabodebek Siap Beroperasi Agustus Mendatang

Presiden Jokowi menjajal moda transportasi LRT Terintegrasi Jabodebek. (FOTO: Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden)

Meskipun demikian, Presiden Jokowi mengaku mengalihkan masyarakat ke transportasi massal memang tidak mudah. Sebagai contoh, penggunaan MRT yang belum mencapai kapasitas maksimalnya setiap hari. “MRT meskipun setiap hari saya lihat penuh, tetapi kapasitas yang kita inginkan setiap hari 180 ribu penumpang dan hari ini masih 80 ribu, masih ada kapasitas yang belum penuh terisi,” tambahnya.

LRT Jabodebek sendiri memiliki 18 stasiun dalam dua lintas pelayanan, yakni Cibubur Line dan Bekasi Line. Cibubur Line melayani perjalanan dari Stasiun Harjamukti di Depok, Jawa Barat, menuju Stasiun Dukuh Atas di Jakarta dan melintasi 12 stasiun pemberhentian dengan jarak tempuh 24,3 kilometer.

Sedangkan Bekasi Line, melayani perjalanan dari Stasiun Jati Mulya di Kabupaten Bekasi menuju Stasiun Dukuh Atas dan melintasi 14 stasiun pemberhentian dengan jarak tempuh 27,3 kilometer.

Presiden Jokowi berharap, masyarakat bisa berbondong-bondong menggunakan moda transportasi LRT, terutama bagi mereka yang berada di sekitar Cibubur, Bekasi, dan sekitarnya. “Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya, sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari dan juga polusi bisa kita kurangi,” ungkapnya.

LRT Jabodebek Kata Para Menteri

Sementara itu, sebelum meresmikannya, Presiden Jokowi terlebih dahulu menjajal moda transportasi kereta api ringan tersebut, dengan menumpanginya bersama masyarakat hingga sejumlah menteri dari Stasiun Harjamukti di Depok, Jawa Barat menuju Stasiun Cawang di Jakarta.

Salah satu menteri yang turut menaiki LRT tersebut adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang mengaku senang karena Ibu Kota dan wilayah penyangganya makin terkoneksi dengan kehadiran transportasi massal LRT.

Menurutnya, transportasi massal adalah sebuah keharusan bagi metropolitan seperti Jakarta. “Jakarta sebagai metropolitan dengan penduduk yang sangat besar dan daerah sekitarnya, beberapa daerah Bogor, Tangerang, Bekasi, yang semuanya memiliki kepadatan dan mobilitas penduduk yang sangat tinggi, maka infrastruktur seperti transportasi massal itu menjadi suatu keharusan dan kebutuhan,” ujar Sri.

Hal senada diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menjajal LRT ini untuk ketiga kalinya. Erick menilai, transportasi publik merupakan hal yang sangat prioritas dan perlu untuk terus ditingkatkan, mengingat Jakarta merupakan kota besar dengan jumlah penduduk yang padat.

“Ya memang, transportasi publik menjadi hal yang sangat prioritas hari ini, apakah MRT, LRT, dan fasilitas pendukungnya yang harus terus kita tingkatkan, karena memang kembali sebagai kota yang menjadi salah satu terbesar di dunia dari jumlah penduduk, memang fasilitas publik harus menjadi prioritas,” ungkap Erick.

Sedangkan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berpandangan bahwa transportasi massal seperti LRT dapat memberikan sesuatu yang lebih dari sekadar untuk mobilitas orang. Selain ramah lingkungan, moda transportasi, LRT juga merupakan moda yang cepat, ramah, dan murah, serta membangun budaya baru bagi masyarakat.

“Ini bisa menjadi contoh bahwa ini bisa dilakukan pada kota-kota yang lain. Dan satu yang penting, ini adalah budaya baru di mana kita menghargai waktu, lalu kita bersih, enggak boleh makan. Ini budaya baru yang insyaallah bisa ditularkan ke masyarakat,” tuturnya.

Para menteri pun berharap, kehadiran LRT Jabodebek ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan di ibu kota dan sekitarnya sekaligus meningkatkan kualitas udara Jakarta.

Erick Thohir menambahkan, butuh partisipasi semua orang untuk menyelesaikan isu polusi, di antaranya dengan menggunakan transportasi publik. “Jadi dengan ada percepatan dari LRT ini akan membantu juga pengurangan kendaraan pribadi, sehingga ini bisa membantu lah, apalagi kan polusi tinggi, ini hal-hal yang sangat dibutuhkan partisipasi kita semua untuk menggunakan kendaraan umum,” ujarnya.

“Kita mengharapkan, dengan makin banyak masyarakat menggunakan fasilitas transportasi umum tentu akan mengurangi juga mobilitas menggunakan mobil pribadi dan akan memperbaiki kualitas dari udara di daerah Jabodetabek,” Sri Mulyani menambahkan. (asp)

Baca Juga : Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Senilai Rp4,8 Triliun

13 thoughts on “Presiden Jokowi Resmikan LRT Jabodebek Senilai Rp32 Triliun

  1. Hello, Neat post. There’s an issue along with your website in web explorer, would check thisK IE nonetheless is the market chief and a big element of other people will miss your fantastic writing because of this problem.

  2. You can definitely see your expertise within the work you write. The arena hopes for more passionate writers such as you who aren’t afraid to mention how they believe. Always go after your heart. “We may pass violets looking for roses. We may pass contentment looking for victory.” by Bern Williams.

  3. The other day, while I was at work, my cousin stole my apple ipad and tested to see if it can survive a 40 foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now destroyed and she has 83 views. I know this is entirely off topic but I had to share it with someone!

  4. I was wondering if you ever considered changing the page layout of your site? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having one or two pictures. Maybe you could space it out better?

  5. Attractive section of content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently fast.

  6. I haven?¦t checked in here for some time as I thought it was getting boring, but the last few posts are great quality so I guess I will add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend 🙂

  7. Simply wish to say your article is as surprising. The clarity to your put up is just cool and that i can suppose you are a professional in this subject. Fine along with your permission allow me to clutch your feed to keep up to date with impending post. Thanks 1,000,000 and please keep up the gratifying work.

  8. Hi! Do you know if they make any plugins to help with SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results. If you know of any please share. Many thanks!

  9. Hello there! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are you using for this site? I’m getting sick and tired of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m looking at alternatives for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

  10. In the great pattern of things you’ll secure an A with regard to effort and hard work. Exactly where you actually confused us ended up being in all the specifics. As as the maxim goes, the devil is in the details… And that couldn’t be more accurate here. Having said that, permit me inform you exactly what did deliver the results. Your text is certainly very persuasive which is probably why I am taking an effort to opine. I do not really make it a regular habit of doing that. Secondly, while I can certainly notice a leaps in logic you come up with, I am not necessarily sure of how you seem to connect your details which help to make your final result. For now I will subscribe to your position however hope in the foreseeable future you actually connect the facts better.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via
Copy link